May 09, 2008

mendengar


mendengar adalah kegiatan yang biasa,
tetapi berhenti sebenarlah, ada bedanya juga dengan mendengarkan.
Mendengarkan memiliki arti lebih aktif, ada kesadaran di dalamnya,
ada kehendak dan aktivitas lain selain indra yaitu pikiran.
Mendengarkan menggunakan telinga dan pikiran,
sedangkan mendengar adalah modus dari telinga kita.
Entah disuruh, diberi kesadaran atau tidak,
telinga ini selalu mendengar suara, karena itu memang tugasnya.

Hari ini aku mendengar dengan kesadaran,
Ternyata sangat melelahkan,
Mendengarkan itu membutuhkan kerja pikiran,
apalagi hal yang didengar bukan perkara yang mudah.
Filsafat Ketuhanan, ateisme dan suara hati.
Hal-hal yang butuh konsentrasi.
Mendengarkan, aktivitas yang membutuhkan konsentrasi.
Melelahkan, menyerap energi.

Entah mengapa, ternyata mendengarkan juga bagian yang sedang kulatihkan.
mendengarkan sabda ! misa,
mendengar percakapan teman di meja makan,
mendengarkan dosen mengajar,
mendengarkan sharing teman di telepon,
mendengarkan sharing mbak yang masak di dapur,
dan di malam hari mendengarkan...diriku sendiri.

Dan untuk pertama kali,
aku mengakui bahwa mendengarkan adalah suatu pekerjaan.
YA ! pekerjaan, artinya membuthkan aktivitas,
yang disengaja, diatur, dikuatkan dengan semangat.
Kelihatannya memang menyenangkan,
bila mendengarkan orang yang kusuka, kuharapkan,
tetapi tidak begitu mudah mendengarkan orang yang tidak mau kudengar.
ini membuktikan bahwa mendengarkan itu adalah suatu kerja,
aktivitas kesadaran.
Aku bisa memilih untuk melakukan atau tidak.
Aku sudah belajar banyak mendengarkan,
dan aku merasa bisa mendengarkan.
bahkan aku pernah mendegarkan orang berbicara 4 jam di depanku,
face to face, dan bukan kehendakku, bukan orang yang kusuka,
bahkan agak tak kuhapkan.
Apa yang membuat aku bertahan ?
itu terjadi pas aku latihan kerja di RSJ. hahaha....
mendengarkan,
sekarang bukan perkara yang sulit,
dan juga bukan perkara sembarangan,
karena tahu aku bisa dan mampu, serta
tau bahwa mendengarkan butuh energi,
aku malah bisa mengaturnya, kapan harus mendengarkan,
atau sekedar mendengar.

*gambar diambil dari http://akhiat.blogspot.com/2007/11/do-you-have-hearing-problem.html

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar bila ada reaksi setelah membaca tulisan di atas.
Terimakasih.

Powered by Blogger.