April 17, 2009

KOPDAR: atau tentang runtuhnya kultur tatap muka

Hari ini, mungkin ada kopdar (kopi darat) BENGAWAN setelah lama tidak ketemu. Hal ini cukup aneh bagiku. melanjutkan refleksi tentang komunitas. Aku tergerak untuk melihat kembali fenomena ini.

Dalam salah satu artikel Kompas Minggu, entah tanggal berapa, ada satu tulisan tentang KULTUR TATAP MUKA. Sang penulis melihat kecenderungan yang mulai nampak yaitu hilangnya kultur tatap muka. Kultur ini telah sebegitu kurangnya sehingga forum forum diskusi, studi club, rapat organisasi, kumpul berbagi ide untuk suatu pergerakan, berkurang. Padahal, dari pertemuan, diskusi semacam itulah, dahulu muncul banyak ide cemerlang bagi perubahan dan pergerakan di Indonesia. Sinyalemen hilangnya kultur tatap muka ini diperkuat dengan munculnya sarana sosialisasi maya semacam facebook, friendster, plurk, myspace,dll. Itu semua menambah deretan sebab lunturnya KULTUR tatap muka. Nah, mengapa di komunitas BENGAWAN, yang nyata-nyata muncul dari dunia maya, kemudian muncul gagasan untuk bertemu langsung.

Ketika di tempat lain, gairah untuk berkomunitas menyebar di ruang-ruang maya, yang privat, terjaga identitasnya, maka di BENGAWAN (dan komunitas sejenis), hasrat untuk bertemu juga muncul. Saat ketemu, fragmen-fragmen sosial yang terbentuk di ruang maya, mulai cair kembali dan menyisakan ruang yang kembali terbuka untuk dimasuki oleh pribadi-pribadi dalam fragmen yang lebih intim. Lewat pertemuan, pembauan, penginderaan, sentuhan, terbukalah fragmen intim pribadi sehingga muncul relasi yang bukan kami-kamu, tetapi aku-kamu, bahkan kita.

Momen kopdar adalah moment perayaan bagi KITA, suatu modus kebersamaan yang mungkin sangat khas di Indonesia. Ruang maya hanyalah sarana untuk suatu pertemuan tatap muka. Keinginan bertemu sang anak manusia dengan speciesnya ternyata masih nampak nyata di sini. Semoga kekhawatiran yang muncul di artikel di atas tertanggapi dengan sedikit tulisan ini.

3 komentar:

Dony Alfan said...

Tadi sudah dibahas, kopdar Bengawan diadakan setiap hari Jumat di minggu pertama.
Lha kok tadi tidak hadir, sibuk ngoreksi ya?

Mursid said...

coba liat update hasil kopdar di milis..
btw ra sido etuk cokolatosz caaahhhhh...

raiderhost said...

hemm udah fix kopdarnya thoo :D

lama ndak ikut juga stelah lauching

Post a Comment

Silahkan berkomentar bila ada reaksi setelah membaca tulisan di atas.
Terimakasih.

Powered by Blogger.