September 02, 2009

Samuel Willy Kurniawan



Sajak untuk seorang murid dan kawan Samuel Willy Kurniawan

Samuel Willy Kurniawan

Mata itu tak bisa menipu, tak bisa berbicara, semata mengucap ”iya”. Mata yang menemaniku semenjak aku tiba. Satu tahun sudah, mata itu tak lagi memandangiku dengan tatapan mendamba. Aku sudah terbiasa dengan jalanku sehingga lupa akan sang mata.

Sejak pertama, mata itu menabukan lupa.
Mata yang penuh gairah, memberi jeda dalam tiap langkah yang gerah.
Tiap kali, aku berhenti di mata itu dan bertanya,” Hidup Yang cerah kawan !” Kembali ia menjawab ”Iya sobat!” Jawaban yang menggema dan menggemburkan hati.

Kutelusuri kembali jalan-jalan yang kutempuh dalam pandangan matanya. Selalu tak pernah sebenarnya ia memandang yang lain. Mata yang hampa terarah padaku, aku yang tertunduk lesu. Saat beradu, mata itu memancing lucu dan hinggap di dalam bayangku. Semakin kucari, makin aku sadar, mata oase berhimpit dengan mata bayi yang merindu induknya.

Di lain waktu, mata itu menghiasi rupa dan mengatakan sesuatu tentang dirinya.
Sudah lama kutunggu ia berkata-kata, tetapi hanya mata.
Dan mata itu tak bisa menipu sampai selama-lamanya.
Mata itu sudah tak ada, hanya saja tatapannya masih menyala dalam ingatanku.
Mata itu menjadi tatapan bahagia bala tentara surga,
menyambut sang mata dengan gegap gempita.

”Jangan kaukejar mata”, demikian bisiknya dalam mimpiku.
Aku terbangun dan mengusap mataku,
menemukan kepingan tatapan dalam segenggam harapan.
Di sini aku berjumpa dengan kisah sang mata
yang kembali menghiasi bayangan imajiku

Tak lama lagi kawan, mata itu akan tergolek sayu,
Tak lagi memberi ciu pada dahagaku,
ia tak lagi malu untuk sekedar menumpahkah air matanya.
Engkau adalah mata dan aku adalah air matamu*)

Selamat Jalan Kawan ! Engkau tak lagi harus berjalan !

Surakarta, 1 September 2009

*) Frase dari Sajak Joko Pinurbo

1 komentar:

indrahuazu said...

http://www.indrahuazu.com/2009/09/requiscat-in-pace.html

Post a Comment

Silahkan berkomentar bila ada reaksi setelah membaca tulisan di atas.
Terimakasih.

Powered by Blogger.